BUS transJ Terbakar

Bus TransJ bernomor B 7435 IV hangus terbakar di Halte Salemba UI, Jakarta

Pusat pagi tadi. Kebakaran yang turut menghanguskan halte itu tak menimbulkan korban jiwa. Begini kronologinya

Seorang petugas pencatat kedatangan bus di Halte Salemba UI Epiyondra, menceritakan detik-detik kebakaran yang melalap bus jenis gandeng itu. Menurutnya, saat kejadian kondisi bus dan halte dalam keadaan sepi penumpang.

“Penumpang nggak banyak karena kebetulan emang lagi banyak busnya, selang 1-2 menit ada bus. Jadi lagi sepi,” ucap Epiyondra kepada detikcom, Jumat (3/7/2015).

Berikut kronologi berdasarkan keterangan Epiyondra dan informasi lain yang dihimpun:

Pukul 08.35 WIB
Bus TransJ gandeng bernomor bodi Lorena45 itu memasuki halte Salemba UI. Kondisi di dalam bus sepi, ada sekitar 7 orang penumpang yang seluruhnya dewasa, ditambah seorang pengemudi dan seorang petugas on board.

Saat bis merapat ke halte, petugas on board di dalam bus melihat asap keluar dari bagian belakang mesin TransJ. Begitu juga pengemudi bus dan Epiyondra yang berdiri di dalam halte melihat asap tersebut.

Asap tiba-tiba membesar dan menimbulkan percikan api. Petugas lalu meminta sekitar 7 penumpang di dalam bus termasuk sekitar 4 orang yang berada di halte untuk keluar dari dalam bus dan halte. Petugas spontan mengambil 3 Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang ada di dalam halte untuk memadamkan asap dan api. Namun kesulitan karena asap membesar.

Pukul 08.45 WIB
Api yang semula kecil kemudian membesar dan menjalar ikut membakar bagian tengah dan depan bus. Tak hanya itu, halte yang berada di sampingnya juga ikut terbakar hebat. Saat itu, pengendara banyak yang menghentikan kendaraan di sekitar lokasi.

Pukul 08.55 WIB
Sebanyak 6 mobil pemadam kebakaran dari Sudin Damkar Jakarta Pusat dan 1 damkar dari Sudin Jakarta Timur tiba di lokasi untuk memadamkan api. Setelah berjibaku, api pun padam.

Tidak ada korban dalam peristiwa terbakarnya TransJ gandeng jurusan Ancol-Kampung Melayu itu. Akibat dari kejadian itu, Halte TransJ sementara waktu tidak bisa digunakan (detik.com)

Lagi…lagi…dan lagi transportasi umum di jakarta mengalami kerusakan bahkan kali ini bus transJ sampai terbakar serta halte pun juga ikut terbakar. Melihat kejadian seperti ini belum maksimalnya perawatan trasportasi umum yang di jakarta sangat mengkhawatirkan. Transportasi umum seperti bus transJ ini merupakan transportasi umum yang sangat penting dan dibutuhkan masyarakat maka dari itu dari pihak pemerintah seharusnya lebih memperhatikan kondisi transportasi umum agar masyarakat lebih merasa aman dan nyaman dalam menggunakannya. Untungnya dalam kasus ini tidak memakan korban. Masyarakat tidak berhentinya terus memberitahu keluhan mereka kepada pemerintah tentang trasnportasi umum serta fasilitasnya namun ternyata belum ada tindakan yang maksimal dan diharapakan dengan kejadian ini pemerintah akan meberikan perhatian dan tindakan yang total dalam penanggulangan masalah transportasi umum yang ada di jakarta maupun daerah lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s