LAPINDO

Siapa yang tidak tau tentang peristiwa lumpur lapindo, peristiwa menyemburnya lumpur panas dilokasi pengeboran lapindo di Sidoarjo. Sejak tahun 2006 – sekarang peristiwa ini belum bisa juga diselesaikan, menurut saya ini adalah musibah alam yang sudah tidak bisa dihentikan. Begitu banyak kerugian yang ditimbulkan dari musibah ini baik itu kerugian Negara apalagi kerugian masyarakat dikawasan tersebut. Peristiwa yang sempat menggemparkan Indonesia terutama masyarakat sidoarjo, sudah beberapa cara dilakukan untuk menghentikan semburan lumpur namun tidak ada yang berhasil. Pada saat itu saya hanya bisa menonton di berita melihat keadaan daerah sana namun pada tanggal 28/02./2013 saya dan keluarga pun berkunjung ke daerah lumpur lapindo. Miris melihat bumi hijau yang begitu indah namun menjadi seperti ini

IMGP0608Tanah yang awalnya berpenghuni tetapi sekarang hanya menjadi suatu kawasan luas yang berbahaya. Peristiwa yang terjadi sejak tahun 2006 namun sampai sekarang banyak orang yang mengunjungi tempat tersebut dan masih banyak juga masyarakat yang belum mendapatkan ganti rugi dari pihak yang seharusnya bertanggung jawab atas terjadinya peristiwa ini. Sehingga ada beberapa warga yang mencari pekerjaan ditempat awalnya mereka tinggal ini dengan menjadi tukang ojek, menjual dvd tentang peristiwa lumpur lapindo. Banyak juga mahasiswa dari luar kota yang sengaja datang untuk mensurvei keadaan kawasan lapindo dari tahun ke tahun. Ternyata lumpur panas didaerah ini masih bersemburan dan semakin hari lumpur semakin meluas. Ini sebenarnya harus menjadi perhatian pemerintah karena akan mengakibatkan banyak kerugian lagi. Dalam kasus ini pemerintah tidak becus dalam menanganinya, masyarakat didaerah tersebutlah yang sangat dirugikan karena mereka kehilangan rumah dan mata pencariannya. Kasus ini behenti begitu saja dengan berjalannya waktu padahal waktu berjalan, semburan lumpur terus mengalir dan meluas ke kawasan lainnya. Ini beberapa foto saya pada saat berkunjung di kawasan lumpur lapindo.

IMGP0610

IMGP0612

Salah satu warga menceritakan tentang kejadian lumpur lapindo dan menjual dvd tentang peristiwa lumpur lapindo. Warga ini juga mengatakan bahwa mereka hanya selalu dijanji oleh pihak yang harusnya bertanggung jawab atas kerugian ini untuk diberikan ganti rugi namun belum terealisasikan dari beberapa tahun yang lalu. Saya harap pemerintah dan pihak yang harusnya bertanggung jawab atas kejadian ini benar-benar harus memperhatikan kembali masalah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s