ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI (KREDIT MACET)

Dalam perekonomian khususnya di Indonesia mempunyai banyak permasalahan bahkan termasuk dalam pelanggaran hukum, ada beberapa kasus namun tidak menjadi berita yang populer. Kebanyakan yang diketahui masyarakat bahwa permasalahan ekonomi yaitu korupsi padahal korupsi hanya salah satu aspeknya dimana aspek tersebut bisa dibidang jual-beli, ekspor-impor, dan kegiatan ekonomi lainnya. Misalnya permasalahan dalam perbankan sebenarnya merupakan masalah ekonomi yang juga harus diperhatikan karena sebenarnya juga mempunyai dampak kepada Negara dan masyarakat.

Sebenarnya pelanggaran dalam ekonomi itu suatu pelanggaran yang dilakukan dan berdampak pada perkonomian. Saya akan coba membahas secukupnya dan sepengetahuan saya tentang salah satu permasalahan perbankan yaitu kredit macet. Permasalahan ini termasuk salah satu pelanggaran hukum dalam ekonomi yang banyak masyarakat tidak ketahui bahkan mungkin diabaikan.

Kita sering mendengar tentang kasus kredit macet diberbagai bank namun kita tidak tau apa itu kredit macet? Apa yang menyebabkan kredit macet? dan bagaimana cara mengatasi kredit macet? Saya akan membahas satu per satu dimulai dari :

  • Apa itu kredit macet?

Kredit macet adalah suatu keadaan dimana kreditur mengalami kesulitan pelunasan dengan unsur kesengajaan atau karena kondisi lainnya. Permasalahan kredit macet merupakan salah satu permasalahan yang sangat ditakutkan oleh pihak bank karena akan mengganggu kondisi keuangan bank, bahkan dapat mengakibatkan berhentinya kegiatan usaha bank.

  • Apa penyebab kredit macet?

Seperti yang saya bahas diatas bahwa dalam kredit macet yaitu suatu keadaan kreditur mengalami kesulitan pelunasan dengan unsur kesengajaan, dimana kreditur sengaja tidak ingin membayar kewajibannya mungkin karena dananya tidak mencukupi. Adapun factor lain yang sebenarnya memprihatinkan yaitu pihak bank lalai dalam menjalankan atau mengetatkan peraturan dalam peminajaman. Biasanya hal ini yang sering terjadi karena setiap bank mempunyai target maka pihak bank melonggarkan syarat atau peraturan dalam pemberian kredit sehinggah memberikan pinjaman kepada kreditur yang kurang bermutu. Adapun penyebab yang sangat bahaya namun hal inilah yang sering terjadi yaitu praktek kolusi yang merupakan pelanggaran dimana kreditur yang sebenarnya tidak memenuhi syarat namun diloloskan karena mempunyai “orang dalam”. Misalnya ada salah satu kreditur mengajukan kredit sebesar 200 juta namun dia tidak memenuhi persyaratan tetapi dia mengenal salah satu pihak petinggi bank tersebut kemudian bekerja sama dan akhirnya kreditur itu lolos dan karena pada dasarnya dia tidak memenuhi persyaratan terjadilah kredit macet pada saat dia tidak bisa membayarnya. Pelanggaran-pelanggaran tersebut sudah diatur dalam UNDANG-UNDANG NOMOR NOMOR 10 TAHUN 1998  TENTANG PERUBAHAN ATAS UU No. 7 TAHUN 1992 TENTANG PERBANKAN

  • Bagaimana cara mengatasi kredit macet ?

Sesuai dengan aturan perbankan bahwa ada beberapa cara dalam mengatasi kredit macet yaitu :

  1. Rescheduling (Penjadwalan Ulang) yaitu perubahan syarat kredit hanya menyangkut jadwal pembayaran dan atau jangka waktu termasuk masa tenggang (grace period) dan perubahan besarnya angsuran kredit.
  2. Reconditioning (Persyaratan Ulang) yaitu perubahan sebagian atau seluruh syarat-syarat kredit yang tidak terbatas pada perubahan jadwal pembayaran, jangka waktu, tingkat suku bunga, penundaan pembayaran sebagian atau seluruh bunga dan persyaratan lainnya.
  3. Restructuring (Penataan Ulang) yaitu perubahan syarat kredit yang menyangkut penambahan dana bank, konversi seluruh atau sebagian tunggakan bunga menjadi pokok kredit baru, dan konversi seluruh atau sebagian dari kredit menjadi penyertaan bank atau mengambil partner yang lain untuk menambah penyertaan.
  1. Liquidation (Liquidasi) yaitu penjualan barang-barang yang dijadikan jaminan dalam rangka pelunasan utang.

 

Sumber :

http://id.wikisource.org/wiki/Undang-Undang_Republik_Indonesia_Nomor_10_Tahun_1998

http://www.ut.ac.id/html/suplemen/adbi4331/modul_6.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s