REVIEW 2 : PEMBAHASAN

REVIEW

EKSISTENSI KOPERASI WANITA DI INDONESIA
Oleh :

Auza Djamil Hakim dan Riana Panggabean

Asdep Urusan Pengembangan Perkaderan UKM, Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK, Kementerian Negara Koperasi dan UKM.

Peneliti pada Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK

C. EKSISTENSI KOPERASI WANITA

Untitled

(1) Jumlah Anggota Kopwan di Indonesia

Pada tabel diatas total jumlah anggota kopwan di seluruh Indonesia adalah 220.740 orang dan jumlah kopwannya adalah 1517. Maka rata-rata jumlah anggota per koperasi adalah 145 orang. Jika skala kopwan ditentukan berdasarkan jumlah anggotanya maka jumlah anggota kopwan yang banyak memiliki presentasi yang kecil,namun bukan berarti besar atau kecilnya jumlah anggota menentukan suatu keberhasilan koperasi.

(2) Jenis Usaha Kopwan di Indonesia

Pada tabel diatas ada beberapa jenis usaha kopwan dan presentasi terbesar yaitu pada jenis usaha simpan pinjam 65%. Ini menunjukkan bahwa usaha simpan pinjam sebagai awal dari segala jenis usaha lainnya atau sebagai penunjang membuat usaha lainnya.

(3) Penyelenggara RAT Kopwan di Indonesia

Pada data yang ada koperasi wanita yang sudah rutin melaksanan RAT presentasinya sebesar 54% dan 5% belum melaksanakan dan sisanya belum diketahui. Pelaksanaan RAT merupakan salah satu indikator untuk mengetahui aktif atau tidaknya suatu koperasi.

(4) Modal Kopwan di Indonesia

Modal koperasi terdiri dari dua yaitu modal sendiri dan modal luar. Pada data yang didapat menunjukkan modal kopwan di Indonesia berjumlah Rp.381.000.000.000 (modal sendiri dan modal luar). Dengan melihat jumlah modal tersebut bias diambil kesimpulan bahwa pengelolaan modal kopwan cukup baik dan stabil walaupun perputaran sangat lambat.

(5) Volume Usaha Kopwan di Indonesia

Volume usaha di seluruh Indonesia sebesar Rp.1.401 trilyun dan rata-rata volume usaha per koperasi sebesar Rp.1.856 juta. Dari data volume usaha tersebut kopwan Indonesia digolongkan sebagai pengusaha mikro,maka dari itu dalam pengelolaan usaha masih harus ditingkatkan.

SUMBER :

Alvin A. Goldberg Carli. E Larson,(1985). Komunikasi Kelompok Proses-proses Diskusi dan Penerapannya. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press). Jakarta

Hanel Alferd,(2005). Organisasi Koperasi Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Organisasi Koperasi dan Kebijakan Pengembangan di Negara-Negara Berkembang. Graha Ilmu Yogyakarta

Menteri Negara Koperasi dan UKM RI. Kumpulan Kebijakan Bantuan Perkuatan dan Petunjuk Teknis Program Pembiayaan Produktif Koperasi dan Usaha Mikro (P3KUM) Pola Konvensional.

Lawang Robert M.Z.,(1985). Buku Materi Pokok Pengantar Sosiologi. Departemen Pendidikan dan Kebidayaan. Universitas Terbuka.

Lexy. J Moleong,(1993). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT.Remaja Rosdakarya, Bandung.

Roy,Ewel,Paul,(1989). Cooperatives Today And Tomorrow. The Interstate Printers & Publishers, Inc Dovelle Illionis

Robert J Kilber Kittie W Watson. Katty J Whalers Larry, L Barker,(1993). Groups in Process An Introduction to Small Group Comunication. Prentice-Hall,Inc.Engwood Clitfs. New Jersey.

Syahriman Syamsu,M.Yusril, FX Suwarto,(1990). Dinamika Kelompok dan Kepemimpinan. Universitas Atmajaya Yogyakarta. D.I Yogyakarta

Singarimbun, Masri dan Efendi Sofyan,(1998). Metode Penelitian Survey. LP3ES.Jakarta.

Toha Miftah,(1989). Pembinaan Organisasi Proses Diagnosa dan Intervensi. Rajawali Pers Jakarta.

Winardi J.,(2003). Teori Organisasi dan Pengorganisasian. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta.

NAMA      : Andi Rezqy Amalia Putri

KELAS     : 2EB09

NPM         : 20212866

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s