BAB 6 : PEMASARAN

PEMASARAN

A.Pengertian pasar dan pemasaran
o Pasar
Dalam pengertian sederhana, pengertian pasar adalah sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa. Sedangkan arti pasar adalah suatu tempat dimana pada hari tertentu para penjual dan pembeli dapat bertemu untuk jual-beli barang. Adapun definsi pasar adalah sebagai mekanisme (bukan hanya sekedar tempat) yang dapat menata kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual.
o Pemasaran
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
B.Jenis-jenis pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak). Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
Pasar Nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
Pasar Abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
Pasar Tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
Pasar Modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi
Pasar Lokal
Pasar Daerah
Pasar Nasional
Pasar Internasional
C.Konsep-konsep inti pemasaran
a) Kebutuhan : suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu.
b) Keinginan : yang menyangkut keinginan manusia, yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh
budaya dan pribadi seseorang.
c) Permintaan : kebutuhan/keinginan yang tidak terbatas, namun sumber dayanya terbatas.
d) Produk : sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk
dimiliki,digunakan, ataupun dikonsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan atau
keinginan.
e) Pertukaran : kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari pihak lain
dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
f) Transaksi : mengendalikan adanya nilai-nilai yang dipertukarkan di antara dua pihak
yang melibatkan sedikitnya dua barang/jasa, syarat-syarat yang di
sepakati,waktu kesepakatan, dan tempat
g) Pasar : himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.

D.Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan( yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir ) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif. Di dalam fungsi manajemen pemasaran ada kegiatan menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar

E.Bauran pemasaran
Merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
• Tentang produk
Segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi dan keinginan konsumen.
• Harga
Sejumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
• Saluran distribusi
Salurang yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai kekonsumen atau pemakai industri.
• Promosi
Merupakan salah satu variabel marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya. Promosi sering juga dikatakan sebagai “proses berlanjut” karena dapet menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan.

F.Tujuan sistem pemasaran
– Tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum.
– Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum.
– Tingkat pilihan konsumen yang maksimum.
– Kualitas hidup konsumen yang maksimum.

G.Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
Pemasaran dapat di pelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu :

• Pendekatan serba fungsi (functional approach)
Jumlah dan macam dari fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan. Adapun fungsi pokok pemasaran adalah :
– Penjualan merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasaran karena menjadi tulang
punggung kegiatan untuk mencapai pasar yang dituju. Seperti periklanan, peragaan, dan
sebagainya.
– Pembelian bertujuan memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan
dalam perusahaan dengan harga, pelayanan dari penjual dan kualitas produk tertentu.
– Pengankutan merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ke tempat
barang dikonsumsikan.
– Penyimpanan merupakan fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang selesai
diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsikan.
– Pembelanjaan adalah fungsi mendapatkan modal dari sumber ekstern guna menyelenggarakan
kegiatan pemasaran.
– Penanggung risiko adalah fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan
pemasaran barang.
– Standardisasi dan grading merupakan dua istilah yang agak berbeda meskipun ada juga
persamaannya.
– Pengumpulan informasi pasar fungsi ini termasuk pula pengumpulan dan penafsiran
keterangan-keterangan tentang macam barang yang berada di pasar, jumlahnya, macam
barang yang dibutuhkan konsumen, harganya, dan sebagainya.
• Pendekatan Serba Lembaga
Mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga yang terlibat dalam kegiatan
pemasaran.
• Pendekatan Serba Barang
Merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana
barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen
industri.
• Pendekatan Serba Manajemen
Mempelajari pemasaran dengan menitik beratkan pada pendapat nanajer serta keputusan
yang mereka ambil.
• Pendekatan Serba Sistem
Mencangkup elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran, termasuk keempar pendekatan
dimuka.

SUMBER :
http://lianovianti-tugas-softskill.blogspot.com/2012/01/bab6-pemasaran.html
http://caturdj.wordpress.com/softskill-bab-6-pemasaran/
http://aniisniis.blogspot.com/2010/11/pemasaran.html
http://putuartaya.dosen.narotama.ac.id/2012/02/08/pengertian-dan-jenis-jenis-pasar/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
http://carapedia.com/pengertian_arti_definisi_pasar_info2000.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s