Masa-masa kritis

gue mau nulis tentang masa-masa kritis yang pernah gue alami dalam kehidupan gue,mungkin agak sedikit lebay yah judulnya tapi ini emang saat” kritis bagi gue…
          Waktu itu gue berumur 7 tahun tiba” gue demam selama 3 hari ayah,ibu,dan anne(nenek) kirain cma demam biasa tapi setelah 3 hari panasnya gak turun” akhirnya abis sholat maghrib gue dibawa ke rumah sakit ama ibu n ayah.Setelah diperiksa ternyata gue kena demam berdarah dan disarankan untuk langsung diopname tapi hue gak mau soalnya gue takut disuntik,masuk rumah sakit aja gue udah deg”an banget apalagi disuntik bisa pingsan gue.Karena gue kekeh gak mau diopname akhirnya dokter kasi kesempatan unyuk pulang ke rumah tapi dengan syarat kalau gue gak mau diopname gue harus minum air putih sebanyak 2 botol aqua yang gede sampai jam 11 malam ini dan gue pun setuju.Sampai dirumah gue pun langsung berbaring ditempat tidur gue dan disamping gue itu selalu ada ayah,ibu,dan 2 nenek gue yang nyemangatin gue untuk abisin 2 botol gede air putih.Hmm….klau gak salah inget wktu itu udah jam 8 malam dan gue udah kayak sapi gelonggongan harus ngabisin 2 botol air putih sebanyak itu dalam wktu 3 jam.Gue inget banget wajah” mereka yg sedih tapi nahan kesedihan mereka didepan gue.Sampe saatnya gue gak sanggup ngabisin air sebanyak itu dan gue udah pucet banget.Jadi gue,ayah,ibu,dan anne pun kembali ke rumah sakit untuk diopname.Gue pun masuk ruang tindakan yang nemenin gue didalem adalah ibu.Tapi kejadian yang mengejutkan adalah nadi gue gak ditemuin,udah ditusuk dimana” tapi tetep aja gak dapet dan keadaan gue makin drop.Ibu gue pun keluar ngasi kabar ke anne kalau nadi gue gak ditemuin dan akhirnya anne pun pingsan krn ngirain gue udah meninggal (maklum kadang” nenek” agak lebay)heheheh….😀
Beberapa menit kemudian nadi gue pun udah ditemuin..alhamdulillah…Setelah itu gue diperiksa lebih lanjut lagi dan ternyata ada masalah juga dengan paru-paru gue.
          Gue udah lupa nama penyakitnya yang gue tau paru-paru gue itu kotor akibatnya gue jg udah lupa tapi katanya karena keseringan konsumsi minuman yang bersoda kayak fanta,sprite,coca-cola.Dan gue pun harus minum obat selama 1 tahun full dan peraturan obatnya itu 3x sehari dan gue berapa kali bolak-balik ke rumah sakit untuk ronsen.Disaat itulah gue ngerasa beratnya untuk hidup,gue setiap minum obat pasti nangis.Bayangin aja gue yang masih umur 7 tahun harus minum obat 1 tahun untuk bisa sehat kembali.Gue nangis karena udah cape’ minum obat dan bolak-balik rumah sakit dan gue juga ngerasain sedihnya ayah,ibu,dan anne.Pada saat itu gue udah ennek sama yang namanya obat tapi gue berusaha untuk bisa melewati 1tahun ini demi ayah,ibu,anne,dan kakak” gue.Tiba saatnya gue bisa melewati 1 tahun itu dan alhamdulillah hasil ronsenan terakhir itu sangat baik.Gue pun udah bisa hidup seperti biasa lagi,gue gak bakalan ke rumah sakit lagi ataupun minum obat lagi.Sejak itu gue trauma sama namanya obat.Jika gue demam ataupun flu gue cuma minum BODREXIN JERUK dan itu sampai sekarang,sampai umur gue ini udah 17 tahun dan alhamdulillah gue masih cocok ama obat itu hehehehe…..Gue juga gak mau lagi pergi ke rumah sakit,gak mau..gak maauuuu…
          Setelah gue sembuh dari penyakit paru-paru itu,alhamdulillah gue gak pernah masuk rumah sakit lagi tapi tiba” disaat gue umur 16 tahun.Waktu itu gue udah di manado dan pada saat itu bulan DESEMBER 2011 gue sering banget sakit perut tapi menurut gue biasalah kalau sakit perut.Tapi sakit perut kali ini beda,sakitnya tuh nusuk banget,gue pun ngasi tau ayah dan ibu kalau perut gue sakit banget sampe” gue guling” gak jelas ditempat tidur.Ayah gue kira itu gue kena penyakit maag,nah..gue pun disuruh minum obat maag tapi gue gak mau tapi perut gue udah sakit banget jadi mau gak mau gue tetep harus minum obat itu.Hasilnya tetep aja perut gue sakit,keesokan harinya pun perut gue masih sakit,jalan pun gue udah bongkok gitu.Ayah n ibu udah mau bawa gue ke rumah sakit tapi gue gak mau.Nah..keesokan harinya gue udah gak bisa ngapa”in cuma ditempat tidur nangis kesakitan.Gue pun udah pasrah untuk dibawa ke rumah sakit.Setelah sholat maghrib gue,ayah,n ibu ke rumah sakit.
          Dan kalian tau apa kata dokter??Gue kena penyakit usus buntu.Wajah gue udah pucet,kaki gue udah dingin dan air mata gue pun menetes.Dan parahnya dokter bilang kalau gue harus dioperasi besok subuh,ini udah gak bisa telat lagi,kalau telat dokter udah gak tau gimana.
Denger dokter bilang kalau gue harus dioperasi itu makin bikin kaki gue dingim,badan gue gemeteran,pucet,dan nangis.Ayah langsung pegang kaki gue amat kenceng serasa arti dari pegangan itu adalah “Nak,,kamu harus kuat yah”.Melihat wajah ibu yang kayaknya stres mikirin gue dan liat wajah gue udah pucet,gue makin sedih.Ayah n ibu pun nanya ke gue “Mau yah nak dioperasi,ini demimkesehatan kiki juga kalau kiki sehat ibu n ayah juga sehat”.Gue pun bilang iya walaupun gue takuuuuuuuuuuuuuuuttttt banget tapi melihat ekspresi ayah dan ibu gue harus semangat,berani dan tegar,selama ada ayah n ibubgue yakin gue kuat.
          Gue pun masuk UGD,jujur gue stressss banget malem itu.Gimana gak stress kurang dari 10 jam gue akan dioperasi.OPERASI,gue gak nyangka bisa ngalamin yg namanya operasi,pikiran gue udah kemana”,gue nangisssss dan melihat gue nangis ibu juga ikutan nangis.Gue pun berusaha untuk berhenti nangis.Ayah pun datang dan ngasi HPnya ke gue,anne gue di makassar mau ngomong.Gue udah gak bisa ngomong apapun jd gue cuma dengerin anne gue ngomong sambil nangis.Airmata gue gak berhenti ngalir,gue pun sms temen gue kalau besok gue gak bisa ke sekolah karena gue lagi di rumah sakit mau dioperasi.Handphone gue pun bunyi mulu ternyata teman” gue pada nelpon gue mau nanya kabar tapi gue gak angkat karena gue udah gak bisa ngomong sama sekali.Gue cuma merhatiin jam doang,gue pengen banget waktu berhenti tapi itu gak mungkin.Melihat jam menunjukkan pukul 00.00 dan gue makin deg”an luuuuaaaarrr biasaaaaa deh.Gue gak pernah berhenti berdoa,ayah dan ibu juga gak tidur.Ayah pegang tangan gue mulu dengan ekspresi wajah yang berusaha untuk tegar dan gak nangis didepan gue.Genggaman ayah itu kayak menyampaikan pesan ke gue kalau gue itu harus kuat,ayah pengen banget liat senyum ceria kiki tapi gue udah paksain senyum tapi emang gak bisa.Melihat ibu sholat malem,makin bikin gue sedih dan bersyukur memiliki ayah dan ibu seperti ini.Kasih sayang ayah dan ibu pada saat itu terasa banget serta pengorbanan mereka yang begitu berarti.Karena gue udah stres,pikiran gue pun udah kemana”.Gue bayangin gimana kalau operasinya gagal dan terjadi apa” sama gue,gue masih mau ngerasain pelukan,ciuman dan kasih sayang ayah dan ibu,tiba” ayah dan ibu pun mencium gue dan nyuruh gue tidur.Gue pun berhenti mikir macem”.Gue percaya sama allah swt serta kekuatan doa ayah dan ibu serta doa” keluarga dan teman” gue.Gue harus tegar demi ayah dan ibu,gue pun berusaha untuk tidur tapi tetep aja gak bisa,gue cuma merem doang dan airmata ini gak berhenti mengalir sampe” mata gue udah bengkak karena nangis.
          Adzan subuh pun berkumandang,gue langsung melek dengan ekspresi kaget dan deg”an,gue gak berhenti berdoa kepada allah swt,ibu gue pun langsung bergegas sholat.Mendengar sentakan seseorang menuju ke gue,gue yakin klau itu suster dan gue makin takut dan ternyata bener itu suster yang mau bawa gue ke ruang operasi,gue pun dipindahkan ke kursi roda.Gue dibawa ke ruang operasi ama suster dan ayah.Sumpah…gue takuuuut banget dan pas masuk ruang operasi,ayah dilarang masuk dan itulah puncak ketakutan gue.Setelah berbaring ditempat tidur operasi,ibu gue dateng dan dia masuk untuk nyium gue dan ngasi gue semangat dan ingetin gue untuk terus berdoa.Dokter pun bilang gue akan dibius setengah badan aja dan operasi usus buntu itu paling lama 1 jam,ibu gue pun disuruh keluar.Abis itu gue udah gak sadar,kayaknya gue pingsan saking takutnya.Sementara operasi gue pun terbangun,gue gak pernah ngerasain sedingin itu,badan gue gemeteran,ngeliat alat-alat yang begitu banyak menempel dibadan gue dan juga ada dihidung gue,gue juga denger suara” gunting atau alat semacamnyalah ternyata gue masih sementara dioperasi.Salah satu suster pun bilang kedokter kalau gue udah bangun dan dokter bilang ” Bentar lagi yah,tinggal dijahit doang”.Gue kayak gak percaya ngalemin namanya operasi apalagi mendadak seperti ini.Gue terus berdoa dan ngebayangin wajah ayah dan ibu,beberapa menit kemudian operasi pun selesai.Ayah dan ibu pun masuk dan langsung nyium gue sambil nangis dan berterima kasih kepada allah,gue yang dalam keadaan belum normal dan sangat menggigil dan gemeteran luar biasa,ibu pun khawatir dan manggil dokter dan kata dokter emang kayak gitu,itu efek dari obat bius.Gue pun dibawa ke kamar,obat biusnya masih belom hilang jadi gue belum ngerasain sakit.
Ternyata gue dioperasi hampir 2 jam padahal dokter bilang paling lama 1 jam,ternyata karena waktu operasi ada masalah ama usus gue,posisi usus buntu gue gak berada diposisi yang bener jadi susah banget untuk dipotong karena harus ekstra hati”.Gak lama kemudian guru” dan temen” gue datang,senang bisa ditengokin ama mereka.Setelah mereka pulang gue pun mulai ngerasain sakit yang luar biasa sampe” gue nampar diri gue sendiri.Ibu dan ayah suruh gue istigfar,suster pun dateng dan nyuntik gue.Ada 4 cairan yang disuntikkan jadi 4 kali disuntik -_____-.Ada satu cairan kalau masuk ke tubuh itu nyeri banget sampe gue teriak dan nangis tapi setelah dimasukin cairan” itu rasa sakitnya pun agak berkurang dan gue disuntik 4x sehari.Setelah operasi itu gue kayak anak yang baru lahir,kalau minum harus seteguk” gitu gak boleh langsung banyak abis itu cuma boleh makan bubur karena usus gue belum bisa beraktifitas seperti biasanya,bangun untuk duduk pun sangat susah,dan gue kayak baru belajar jalan.Gue seminggu dirawat dan gue pun balik ke rumah.Tapi ternyata belum selesai,gue harus setiap hari control ke rumah sakit selama hampir 3 minggu sampe jahitannya bener” kering dan sembuh serta gue juga harus konsumsi obat dari dokter.
          Ini kejadian yang paling tragis di hidup gue,karena operasi ini gue gak boleh makan pedes,keras,gak boleh minum yg bersoda dll,gue juga gak boleh kalau gak konsumsi vitamin dan gak boleh terlalu kecapean.Makanya sampe sekarang gue terus dan harus konsumsi vitamin untuk kekebalan tubuh gue.Gue sangat bersyukur sama allah swt yang ngasi gue kesembuhan dan gue juga sangat berterima kasih sama ayah dan ibu yang membuat gue bisa kuat menghadapi semua ini.Kiky sayaanngg banget sama ayah dan ibu.Anne gue pun nelpon gue dan nanyain kabar gue,anne pengen banget ketemu sama gue,dia mau liat keadaan gue setelah dioperasi dan dia juga kangeen banget sama gue,gue jg kangen tapi keesokan harinya ada kabar buruk,anne gue meninggal.Gue nangis gak berhenti inget kata” terakhir anne gue itu.Gue,ayah,dan ibu langsung ke makasaar dan keadaan gue yang belum normal,gue belum bisa jalan cepet tapi alhamdulillah kita sampai dengan selamat di makassar walaupun kita udah gak bisa liat mayat anne gue.Gue dipeluk ama tante” gue sambil nangis,katanya waktu gue operasi,anne gue kayak orang gak waras teriak” nama gue mulu sambil nangis,anne gue baru legah setelah tau operasinya berhasil dan keinginan terakhir anne gue adalah mau liat keadaan gue.Gue makin nangiss,gue inget kata” terakhir anne gue itu ke gue.Ya allah…kenapa semuanya harus seperti ini???tapi gue yakin allah menyiapkan hal yang indah buat gue dan keluarga

image

Itulah sahabat” gue yang ada disamping gue waktu gue lagi saat” kritisnya🙂 love u elcom

image

Tangan gue bengkak karena keseringan disuntik dan kelamaan di infus heheeh

image

Nah..itu anne tersayang gue🙂 :* miss u nek.Kiky yakin anne pasti udah berada ditempat yang luar biasa nyaman

image

Nah…mereka berdualah malaikat hidup gue,penyemangat gue,serta kekuatan gue.Karena mereka berdualah sehinggah aku kuat ngelewatin dan ngejalanin hidup ini.Ayah…Ibu…sekarang kan kiky udah jauh dari ayah dan ibu dan kiky akan berusaha untuk jaga kesehatan kiky,kiky akan berusaha gak lupa minum vitamin,dan kiky akan menjadi anak yang membanggakan buat ayah dan ibu.I miss u,love u,need u so much dad…mom.. :*🙂 n🙂

Leave a Reply

